Iri Dengki : Penyakit hati paling membunuh

Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih dan gelisah, serta aku berlindung kepadaMu dari sifat lemah dan malas, serta aku berlindung kepadaMu dari sikap pengecut dan bakhil, serta aku berlindung kepadaMu dari cengkeraman hutang dan penindasan orang.
Kadang aku saya diserang berbagai macam masalah tepat beberapa hari menjelang ujian . Rasa sedih, gelisah perasaan ini itu , khawatir, rasanya seperti bercampur aduk . Menjadi orang yang hidupnya tidak tenang bukanlah perkara mudah , mau ini , mau itu susah . Wah lantas mengapa ini terjadi ? munkin didalam diri saya  masih banyak sifat-sifat negatif sehingga Allah swt memeberi saya perasaan ini .



Yap yang saya rasakan sangat menggagu adalah persaan iri dan dengki . Apakah itu ?
mari kita definisikan ...
Adapun beberapa penyebab dari iri dan dengki yaitu :
  • permusuhan dan kebencian
  • At-ta’ajuz (merasa diri lebih dari orang lain)
  • ta’ajub dan takabur (bangga dan sombong)
  • Takut kehilangan akan tujuan yang disukai
  • Cinta jabatan
  • Jiwa/hati yang jelek
  • Kikir/bakhil
Akibat dari iri dan dengki :
  1. Berharap hilangnya harta yang dimiliki orang lain
  2. Hati menjadi keruh, sedih, gelisah dengan cobaan yang menimpa dirinya
  3. Suka mencela, mencemooh, dan memutuskan hubungan orang lain
  4. Menganggap orang lain lebih rendah dan hina
  5. Suka berbohong dan ghibah dan mmbuka aib orang lain
  6. Menceritakan kebiasaan orang lain dengan maksud menghinakan dan merendahkan
  7. Menyakiti orang lain dengan kekerasan
  8. Menghalangi orang lain dalam menunaikan kewajiban agamanya, seperti membayar hutang, bersilaturahim, dll
Nah, sekarang ini dia obat mujarab penyakit diatas yaitu :
  • Mengenal dengan baik penyakit-penyakit hati terutama si iri dan dengki
  • Berusaha menghindari pangkal penyakit hati, yaitu sombong. Ya, seperti yang kita tahu sombong adalah pakaian/selendang kebesaran Allah. Manusia mana boleh berlaku sombong, bikin lalat aja ga bisa, kan atau semut yang sekecil itu?
  • Berteman dengan orang shaleh
  • Berlapang dada (qana’ah) dengan pemberian Allah kepada kita
  • Mengetahui akibat-akibat buruk dari penyakit2 hati terutama iri dan dengki
  • Memohon pada Allah agar dijauhkan dari iri dan dengki. Nah, ada di Surah Al-Hasyr : 10.
dikutip dari http://callmecrysant.wordpress.com/2012/03/05/iri-dengki/


Nah coba liat lagi akibat dari penyakit ini ? cimiw menimbulkan banyak masalah . Tidak ada gunanya sebenarnya , menghambat kreatifitas , menghambat berfikir positif , sibuk menjerumuskan orang lain . Apa untungnya ?

Oke saya contohkan sedikit masalah yang terjadi pada diri sendiri , yang pertama kuliah . Saya kadang masih merasa iri dengan teman-teman saya . Mungkin merasa iri dengan kebebasan mereka , entah merasa iri dengan apa yang mereka kerjakan, entah merasa iri dengan pencapaian yang mereka dapat, atau iri dengan tempat mereka kuliah , apalagi saya iri dengan para calon dokter karena saya dulu sempat kepikiran buat jadi dokter. Tapi apa gunanya ? Astagfirullah sungguh saya menjadi orang yang tidak bersyukur .. Kadang pikiran-pikiran negatif ini yang menghambat .

Contoh lain , kalau ada teman saya yang menang perlombaan ini anu , saya bukannya turut senang malah kadang-kadang meremehkan . Astagfirullah maafkan saya selama ini.

Contoh lainnya pacar saya sendiri , saya sering jengkel karena dia super sibuk ikut ini itu . Dia memang anak berprestasi karena muungkin selalu makan sosis sonice. Macam-macam dari A-Z . Pikirin negatif kadang terus bermunculan sehingga saya sering marah-marah sendiri. Astagfirullah itu sesungguhnya rasa iri saya karena saya merasa bukanlah apa-apa ..

Menjadi pengidap penyakit ini sungguh kronis akibatnya ,  semoga Allah melindungi ..




'ROBBANAAGHFIRRLANAA WA LI-IKHWAANiNAL, LADzIINA SASABAQUUNAA BIL IIMAANI wA LAA TAJ'AL FII QuLuuBINAA GHILLAN LIL LADZIINA AAMANUU ROBBANAA INNAKAROUUFUR ROHIIM"

Artinya :
"Yaa Tuhan kami, berilah ampunan kepada kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau memberikan
kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang telah beiman. Yaa Tuhan kami, sesungguhya Engkau Maha penyantun lagi Maha penyayang,', (Q.S. Al-Hasyr ayat l0)
doa dikutip dari : http://doamaqbul.blogspot.com/2010/02/doa-nabi-muhammad-saw-agar-terhindar.html

Mari teman-teman sekalian kita arahkan penyakit ini kesisi positif. Misalkan iri kepada teman kita yang beribadah dan taat kepada Allah swt. Iri kepada teman kita yang berjuang tanpa lelah mengejar cita-citanya . Semoga Allah bersama orang-orang yang bersabar dan melapangkan hatinya....

You May Also Like

3 komentar

  1. astagfirullah hhe
    btw ginaaa kyaaa theme blognya kereeen :3
    tp kerenan aku :p hha

    ReplyDelete
  2. maacih :3 haha kan berkat ajaran dr kmu juga :3
    jgn lupa brownis amanda :D

    ReplyDelete