Refleksi Tahun Pertama : Tahap Persiapan Bersama ITB

Gak kerasa saya sudah melewati satu fase kehidupan (budaya) kampus yang terkenal mainstream di ITB . FYI , biasanya sekitar 10% mahasiswa tingkat pertama bakalan di Drop Out (DO) alias disarankan pindah ke kampus lain karena tidak memenuhi syarat bla bla. Oke estimasikan ada 4000 mahasiswa baru 2011 nih , berarti ada 400 orang yang kurang beruntung yang bakalan OUT. Nah bagaimana ini bisa terjadi ?

Okelah ada beberapa syarat nih supaya bisa lulus di TPB :

1. Syarat Lulus TPB, IP ≥ 2.00
2. Syarat Lulus TPB, telah selesai ≥ 36 sks


simpel kan ?  nah ditambah mata kuliah TPB (yang saya bakalan saya rinci dibawah nanti) harus lulus alias tidak boleh dapat E atau D. Simpel ? Simpel ? Simpel ? Ini sebenarnya sagat berdarah saudara-saudara.

Nanti sajalah menceritakan kegalauanya , yang jelas kita bakalan bercerita mata kuliahnya saja :)

Semester 1 

1. Fisika Dasar IA (4 SKS)

Disini bakalan lebih banyak bercerita ke mekanika nih temen-temen . Mulai dari Kinematika Benda Titik. Gerak Relatif, Dinamika Benda Titik (hukum-hukum Newtondengan konsep gaya, usaha dan energi, impuls dan momentum, hukum-hukum kekekalan).Osilator Harmonik. Dinamika Sistem Benda Titik (pusat massa, gerak dengan massaberubah). Gerak Rotasi (momentum sudut, rotasi benda tegar dengan sumbu tetap). Statikadan DinamikaFfluida. Termofisika (teori kinetik gas, kalor dan usaha, hukum Itermodinamika mencakup siklus, efisiensi, siklus Carnot).

Waw lumayan banyak gak sih ? iyap ini bedarah banget. Saya sungguh menyesal dulu menghabiskan masa SMA saya dengan belajar fisika ogah-ogahan. Saya tidak menyalahkan guru saya sih , memang saya sendiri. Ini mata kuliah paling angker bagi saya dulu . Berhasil lulus dengan nilai C dan sedikit lg gagal. yah lumayan lah ...

2. Kimia Dasar I A (3 SKS)   

Mata kuliah ini juga menjadi momok bagi saya, beda pokoknya semua pelajaran SMA yang bisa diselesaikan masalahnya , disini sumpah suram banget. Bertipe soal-soal Olimpeade tingkat nasional yang bikin kepala panas. Apa sih yang dipelajari disini ? wah saya ingat rasanya ada Stiokiometri , Termokimia , Termodinamika, Struktur Atom , bla bla saya lupa nih kalau Kimia Dasar. Dulu padahal seneng banget rasanya belajar Kimia di SMA :")

3. Kalkulus I A (4 SKS)

Saya paling seneng nih sama mata kuliah ini , selain saya bisa dan pas SKSnya gede. Saya kebagian dosen paling imba dan dewo yaitu dr.Janny Lindriani. Saya teringat sosok pak Ampran , eh bukan Bu Aida aja deh yang menjelaskan matematik dengan sangat baik . Ditambah dosen ini sangat baik ngasih nilai , menjelaskan sangat mudah jadilah ini mata kuliah favorit saya ..

disini hampir sebagian pelajaran dari SMA juga, kita belajar bab pendahuluan, limit, turunan, penggunaan turunan, integral tentu, penggunaan integral, fungsi transenden. Di Kalkulus saya berhasil mendapatkan AB yuhuu :D

4.Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Yap untuk kali ini biasa dipanggilnya KPIP, ini mata kuliah yang paling nge-troll dosennya. Super Epic, saya teringat seorang mario teguh kalau melihat dosen saya , sebut saja Prof.Dr.Toto Winata. Super killer dan on time gilaaaa. Disini kita belajar integrasi dari ilmu alam yang membetuk suatu kesatuan gitu , mulai dari gabungan Matematika, Fisika , Kimia, Kebumian dll .Ini mata kuliah yang bisa dibilang santai , saya biasanya duduk paling belakang dan ngegosip. and at last, Dosen ini ternyata baik banget. Disemester I beliaulah yang menberikan A tunggal di transkip saya. Big thanks Pak !

5. Pemahaman Teks Akademik

Ini kok aneh banget yah namanya ? yah ini sebenarnya pelajaran Bahasa Inggris . Di ITB untuk tahap TPB Bahasa Inggris dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kelas Presentation, Writing , sama Reading. Nah entah mengapa saya  masuk bagian reading yah ? Ini sumpah mata kuliah yang bikin ngantuk . Karena dosennya ? bukan ! Tapi karena jam kuliahnya jam dua siang gitu , jadilah semua anak-anak hanya tidur. Di kelas reading kita terbiasanya memecahkan masalah dari suatu masalah yang diangkat dari suatu topik gitu .

6.Pengenalan Teknologi Informasi A (STEI)


Yap ini kami sebut PTI A . PTI A merupakan mata kuliah khusus anak-anak STEI . Isinya mengenai algoritma , yang intinya memecahkan masalah secara sekuensial . jadi disini ada tugas nge koding gitu , semacam membikin program mini. asik sih , diakhir ktia dapet tugas besar ngebikin game Hangman . Dan terselesaikan dengan baik setelah mengerjakan sekitar dua minggu :)

Yap itu di semester satu dengan 6 mata kuliah yang artinya 18 SKS. sangat berdarah . saya menyesal kenapa SMA dulu tidak belajar sungguh-sungghh. Tapi saya bersyukur atas kenangan yang saya dapat selama di SMA. Saya rela membayarnya di waktu kuliah ..

intinya TPB itu SMA kelas Empat. SMA +++++
pelajaran 3 tahun diulang dan ditambah materinya sangaaaaaat dalam . dan harus diselesaiknan dalam waktu 8 bulan . ditambah lagi ada mata kuliah khas program studi masing-masing yang tingkat kesulitanya "expert"

okey saya cerita semster I dulu yah , udah malam mau siap-siap OSKM day 2 besok ..
Malam :)

You May Also Like

11 komentar

  1. Replies
    1. Thanks udah berkunjung ke Blog ini :D

      Delete
  2. Klo di TPB ITB ada nilai D itu masih lulus atau tidak ya ? apa harus mengulang lagi ? agar bs lulus nantiny di tahap sarjana ?

    ReplyDelete
  3. Kalau dapat nilai D dianggap lulus pada tahap TPB. Tidak diwajibkan untuk mengulang :)

    Namun harap diperhatikan nilai D pada tahap sarjana tidak memenuhi kriteria kelulusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. misal, lulus TPB tapi ada nilai D, dan pada tahap sarjana nilainya A semua. Apakah masih bisa lulus sarjana atau harus mengulang mata kuliah TPB yang mendapat nilai D?

      Delete
  4. kalau mendapat nilai D di TPB maka tidak wajib di ulang :) yang wajib diulang adalah mendapat nilai D pada tahap sarjana.

    ReplyDelete
  5. yang disebut IP lulus > 2.00 itu IPK atau IP semester 2?

    ReplyDelete
  6. err mafkan itu IPK > 2.00 nanti saya revisi :)

    ReplyDelete
  7. Kalau di TPB dapat nilai BC masih boleh diulang lagi biar dapat A ga, mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalau nilai TPB tetap bisa diulang, mengambil lagi pada semster dimana kuliah tersebut dibuka.

      Delete
  8. Mas saya mau nanya, kalo mata kuliah tpb yg indeksnya D bisa diulang gak pas tingkat 3? Makasih

    ReplyDelete