Refleksi Tahun Pertama : Tahap Persiapan Bersama ITB (II)

Setelah sekian lama mengambang pada post yang ini, maka saya bakalan melanjutkan apa yang ada pada post tersebut.

Ketika memasuki semester II, maka saatnya bagi para mahasiswa TPB untuk melanjutkan perjalanan hidup mereka. Disini memasuki fase krusial, karena tibalah saatnya bagi mereka untuk memilh program studi yang akan menjadi tempat mereka berlabuh kelak. Pemilihan porgram studi ini didasarkan atas tiga hal :
  1. Minat
  2. Kapasitas
  3. IPK TPB
Saya sendiri beruntung menajadi salah satu mahasiswa TPB STEI, dikarenakan ada beberapa Fakultas di ITB yang pola penjurusaannya sama rata, dalam artian minat mahasiswa TPB terbagi rata ke setiap program studi yang ada di fakultas tersebut, sehingga jarang sekali ada mahasiswa yang masuk di pilihan kedua :)

Untuk semester 2 sendiri ada beberapa mata kuliah yang harus diambil :

1. Kalkulus IIA (4 SKS)
Merupakan kelanjutan dari mata kuliah Kalkulus IA, dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari semester sebelumnya. Pada mata kuliah ini konsep matematika yang dijabarkan akan lebih banyak mengenai teknik pengintegralan.

2. Fisika Dasar IIA (4 SKS)
Lain halnya dengan Fisika Dasar IA yang banyak bermain dengan mekanika dan kinematika, kali ini akan belajar mengenai dunia medan magnet, listrik dengan daerah diskrit sehingga akan butuh banyak pemahaman  mengenaipengintegralan (lagi-lagi)

3. Kimia Dasar IIA (3 SKS)
Sau semester kedapat akan banyak berhadapan dengan prilaku molekul, ditambah sifat-sifatnya. Belajar Kidas semester ini lebih variatif dikarenakan ada biokimia dll

4. Olahraga (2 SKS)
Mata kuliah yang benar-benar paket A. Intinya kerja keras rutin untuk mendapatkan < 14 Menit (untuk cowok) dan < 16 menit (untuk cewek). Nilainya fair, dan kalau kita bisa melewati praktek dengan baik, insya Allah tidak akan ada masalah dengan nilai

5. Tata Tulis Karya Ilmiah (2 SKS)
Berbicara banyak mengenai penulisan makalah. Diwajibkan bagi mahasiswa TPB sebagai pengantar budaya menulis dikampus. cukup menyenangkan untuk mata kuliah ini.

6. Dasar Rangkaian Elektrik (2 SKS)
Mata kuliah wajib untuk TPB STEI, dikala matakuliah khas fakultas menjadi pendongkrak IP, matakuliah ini berbanding terbalik. Tingkat kesulitanya sangat tinggi, bahkan melewati fisika yang 4 sks. Diisi dengan banyak latihan soal, dan uts serta uas yan gmenyeramkan :p #trueStory

okay untuk bagian ini cukup sekian, saya merasa cukup absurd untuk mengingat semester 2 yang lumayan "kejam" haha
Ketika kau terjatuh, pastikan nafasku menyelamatkanmu

You May Also Like

0 komentar