The Power of : Environmental Engineering

Baru dua minggu mengambil mata kuliah TL4002 (Rekayasa Lingkungan), sungguh terasa manfaat dan pengetahuan yang didapat. TL4002 sejatinya adalah mata kuliah tingkat 4 yang dipersiapkan untun para calon fresh graduate agar kelak dalam berkarir mampu untuk terus berkontribusi demi menjaga lingkungan ini. FYI Mata kuliah lingkungan wajib pada kurikulum 2008 ITB, dan bebas mengambil saat tingkat berapa :)

Di TL4002, kami belajar materi yang didapatkan ketika seseorang mempelajari bidang Teknik Lingkungan. 144 SKS dari sarjana Teknik Lingkungan dipadatkan menjadi 3 SKS, jadi kami diberi gambaran umum mengenai apa yang TL kerjakan. Kami bakalan mempelajari tiga komponen utama, yaitu Air, Udara dan Tanah. Kemudian secara skematik akan mendapat gambaran umum bagaimana pengelolaan limbah dll. Intinya mata kuliah ini sangat menarik :)

Kenapa menarik ?
Salah satunya adalah faktor pengajar. Yap kali ini kami mendapatkan dosen yang sangat super, beliau adalah Ir. Agus Jatnika Effendi, Ph.D. Beliau sangat imba karena pernah menjabat dua periode sebagai kepala program studi TL ITB :D
Tiga jam yang dilalui bersama beliau akan penuh dengan semangat. Jangan harap anda bisa tidur di kelas ini karena pembawaan beliau sangat menarik.

Ketika masuk ke materi pengelolaan air, sebagai pengantar kami ditampilkan sebuah video berjudul :

a letter written in 2070


Nah sudah dilihat videonya ?
video ini sudah pernah saya saksikan ketika ada acara seminar lingkungan oleh HIMA Fisika Unlam, ketika saya masih kelas X. Dan melihat kembali video ini, seperti intermezzo yang mengingatkan diri saya bagaimana pentingnya menjaga dan mengoptimalkan penggunaan air di muka bumi ini. 

Mata kuliah ini begitu menginspirasilah, lingkungan tidak saja menjadi tanggung jawab sarjana Teknik Lingkungan saja, tapi semua dari kita, setiap dari kitalah yang berkewajiban menjaga bumi ini.

Salut buat para teman-teman di TL atas kontribusainya :)

****

You May Also Like

0 komentar