Semester IV Pasti berlalu : Tubes Wars

Ada lagi nih yang menarik nih para pembaca yang budiman, yaitu sebuah tugas besar mata kuliah pemrograman berorientasi objek (PBO), atau dalam bahasa gaulnya adalah OOP.

Halaman depan Tubes Wars
Sudah lihat screenshot diatas ? Menarik bukan :D
Ini merupakan pertama kalinya dalam pengerjaan tugas besar mata kuliah pemrogaman, yang berhasil lepas dari jeratan command prompt. Ada yang pernah main Plant vs Zombie ? game ini secara logic dan konsep hampir sama dengan permainan tersebut. Diadopsi langsung dari game aslinya, yaitu Mini Robot Wars yang telah beredar luas di internet.

Secara konsep, akan ada dua belah pihak yang bertarung, yaitu player (yang mengendalikan robot) dan zombie yang akan terus berjalan untuk masuk ke area kita. Tugas kita sederhana, mempertahankan area kita agar tidak diserang oleh zombie-zombei liar tersebut :D

Waktu pengerjaan total game ini adalah satu bulan, dengan waktu efektif (dalam artian mencurah perhatian dan seluruh energi dalam pengerjaan) selama dua minggu. Sebenarnya ini adalah tubes II mata kuliah PBO, pada tubes I kami membuat gamenya terlebih dahulu secara logic :

Tampilan awal TubesWars
Mode permainan level 2
Nah setelah menyelesaikan sedemikan rupa, tibalah untuk melaksanakan amanah mengerjakan tubes II, yaitu melakukan convert game ini ke graphical user interface (GUI). Untuk pengerjanan tubes II, sayang sekali kami belum berhasil menyelesaikan proyek ini (dikarenakan banyaknya tubes-tubes mata kuliah lain yang dateng berbarengan *alasan HAHA )

Tapi sungguh pencapaian yang luar biasa sudah bisa sampai sejauh ini, pada tubes I kami berhasil menyelesaikannya dengan baik loh :D
Lagi-lagi kita harus mengucapkan terima kasih dong :

The Team :3

Andy Primawan (Super Imba, sumpah ! Orang yang satu ini menjadi project manajer dalam pengerjaan tugas besar ini. Mungkin saja dia menyelesaikan game ini sendirian, tapi dia masih memberi kesempatan kepada kami yang cupu untuk terus belajar, makasih mas boss jahim !)

Andy Primawan
Muhammad Fajrin (Lead Programmer, ini gak kalah Imba ! dijamin kalau ada permasalahan segera konsultasikan dengan mbah fajrin, dijamin bakalan mendapat wejangan yang dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Kemampuan programming dan IP yang dimilikinya sangat tinggi bung *HAHA)
Muhammad Fajrin
(Stella) Kurnawan Adhi (Wicaksana) (Bakat terpendam menjadi seorang Artist !  pada tubes I si mbah kurni mengambil banyak porsi sebagai debugger handal. Namun pada tubes II dialah yang menjadi animator, layoter serta hal-hal lainnya yang berbau design. Lihat saja SC yang saya lampirkan, tampilan yang dibuat adalah hasil karya anak bangsa ini bung ! )
Kurniawan Adhi

Berikut saya sertakan screenshot dari game yang kami buat :

Menu Lab Infromation
Menu Utama Layar Permainan
Layar Pilih Level

Yah begitulah cerita dari tubes II OOP ini...
Antragama Ewa Abbas
18211058
Sistem dan Teknologi Informasi

You May Also Like

5 komentar

  1. Wuih, keren2, goodjob ntraa.
    Asik ya tubesnya boleh bikin game2 gitu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha asik sih asik, tapi sayang belum kelar nih yang tahap dua -_-
      giamana OOP kamu ? lancar ?? :D

      Delete
    2. wah ada balesannya *telat baca -_-

      OOPku? makin abstrak ntra, belum dapet feelnya haha
      tugas kelompoknya kebagian disuruh buat aplikasi bilingual gt -o-

      Delete
    3. iya dong dibalas, sayangnya blogspot/blogger tidak menyediakan fitur notification -_- hha

      Kya okelah harusnya OOP kamu bakalan selesai kan matkulnya ? semangat :D

      Delete
    4. haha iya ntra, coba ada notifnya ya -_-

      iyaa, harus selesai ntra, harus dapet jugalah ilmunya :3
      yup, makasih kakaa~

      Delete