A short trip : Sari Ater

Mendengan nama Sari Ater ? Mungkin sebagian dari anda merasa belum familiar. Bagaimana dengan pemandian air panas Ciater ? Wah mungkin lain cerita yah. Sebenarnya kedua hal tersebut adalah dua hal yang sama.
Sari Ater di Ciater, Subang Jawa Barat
Jadi ini adalah pemandian air panas, bukan air panas biasa loh, tapi air belerang. Konon katanya air belerang mempunyai banyak khasiat, seperti menghilangkan penyakit kulit, menambah kegantengan (jangan percaya ini), mendekatkan kita dengan jodoh (apalagi yang ini, jangan dipercaya !) hahah :p

Siapkanlah waktu satu hari penuh, setelah berkunjung ke Tangkuban Perahu, lanjutkanlah sedikit perjalanan anda ke Ciater. Hanya dengan menambah waktu perjalanan sekitar tiga puluh menit, maka kebahagian anda hari ini lengkap. Setelah berdingin-dingin ria, sekarang waktunya untuk berpanas-panas ria.

Sekali lagi rute yang ditempuh tidaklah sulit, cukup mengikuti jalan utama (setelah keluar dari Tangkuban Perahu). Maka tidak terasa Sari Ater akan menanti anda. Ucapkan salam kepada belerang, saatnya Mandi :D

Jadi akan saya uraikan sedikit mengenai masalah ticketing :
1. Tiket parkir, ini sangat bervariasi. Untuk motor sendiri dikenakan Rp 11.000, wah harga yang cukup tingi bukan ? Saya sendiri mulai mencium bahwa harga berwisata di sini tidak akan semuarah di Tangkuban Perahu.
2. Tiket Wisata, dengan membayar Rp 19.000, anda akan diperbolehkan untuk berwisata dan berkeliling ria di kawasan Sari Ater. Perlu diperhatikan bahwa dengan tiket ini maka anda sudah bisa berkeliling ria. Yang saya ketahui ternyata banyak sekali yang bisa kita dapatkan disini, misalnya ada wahana refkelsi, ada tempat bermain anak, ada semacam sungai (yang mengalir aing panas), arena menembak, arena panahan, wah hal ini yang baru saya temui di Sari Ater. Tapi untuk menikmatinya, kita harus membeli tiket tersendiri lagi :(
3. Tiket Berendam, oke ini adalah kunci utama mengapa saya ke Sari Ater, yaitu untuk menikmati panasnya air belerang :D harga yang ditawarkan adalah RP 35.000. Dengan tiket ini, anda akan bisa berenang dengan leluasa di kolam yang telah disediakan.

Status tiket yang nomer tiga adalah optional, anda bisa saja berendam di sungai ang ada di area Sari Ater. Tapi area disana sangat publik karena banyak sekali wisatawan yang ingin berendam dengan tidak membayar (alias gratisan :p). Karena kasian dengan adek saya, maka saya putuskan untuk membeli tiket yang ketiga.

Dan ternyata kolam berendam yang disediakan memang sangat baik fasilitasnya :
Suasana kolam berendam di Sari Ater (i)
Suasana kolam berendam di Sari Ater (ii)

Suasana kolam berendam di Sari Ater (iii)
Sedangkan suasana di luar kolam berendam sari ater :

Si visi sedang berfoto ria

Mukanya -_-

Di sungai ini sebenarnya bisa mandi air panas loh, gratis! (i)

Di sungai ini sebenarnya bisa mandi air panas loh, gratis! (ii)

Ada bebek-bebekan juga

Suasana diluar kolam berendam memang sangat ramai

Sekian saya melaporkan dari Bandung !

You May Also Like

0 komentar