A short trip : Tangkuban Perahu

Apabila anda mengunjungi kota Bandung, belum lengkap rasanya apabila tidak mencicipi wisata alam ala kota Bandung. Nah wisata alam yanag wajib anda kunjungi adalah : Tangkuban Perahu. Nah bagi yang masih asing dengan Tangkuban Perahu, sok baca dulu artikel ini.
Kawah yang ada di Tangkuban Parahu
Saya akan mendeskrpsikan keindahan Tangkuban Perahu berdasarkan pengamatan seorang Antragama. Nah sebelum berniat untuk mengunjungi Tangkuban Perahu, ada spek dasar yang harus anda persiapkan :
1.Jaket
Okay adek saya, Aprivisi Ewa Abbas terkena masalah karena tidak membawa spek ini. Perlu anda ketahui, Tangkuban Perahu bukanlah sebuah sungai (karena embel-embel perahu). Tapi benda ini adalah sebuah gunung. Dan dinginnya bukan main loh.
2. Masker
Jangan lupa membawa masker, karena di atas bau belerang sangat menyengat. Tapi jangan khawatir, di Tangkuban Perahu ada orang yang akan menjual masker ini, tapi dengan konsekuensi harga yang lebih mahal.
3. Uang
Pada hari biasa, uang masuk untuk menikmati keindahan tangkuban perahu "hanya" lima belas ribu lima ratus saja. Menurut saya, ini tidak sebanding dengan kecantikan yang bisa anda amati nantinya.

Menurut pengamatan saya, Tangkuban Perahu berada pada bagian utara kota Bandung. Berjarak sekitar 30 km. Namun waktu perjalanan sangat bervariasi, bisa memakan waktu 1-3 jam tergantung tingkat kemacetan. Hindari bepergian ke daerah atas (Lembang ++) pada weekend, karena akan menyakiti diri anda sendiri disebabkan kemacetan yang sangat parah.

Di sepanjang perjalanan, anda akan menikmati segarnya udara kota Lembang. Di sisi kanan maupun kiri, akan ada perkebunan teh, perkebunan stroberi dll. Sungguh pesona alam nan asri akan membawa anda melepas sejenak kepenatan. Perlu diperhatikan ketika memasuki daerah Lembang, nuansa khas pegunungan akan segera terasa, dan siap-siap tersenyum akan keindahan perjalanan yang menanti :)

Rute yang ditempuh pun tidak sulit, cukup mengikuti jalan utama yang ada di Kota Lembang, tiba-tiba saja anda sudah berada di kawasan Tangkuban Perahu loh. Nah ketika tiba disini, anda akan menanjak tajam menggunakan kendaraan pribadi anda (namanya aja gunung :P)

Kemudian tara *****
Anda akan segera takjub dengan sebuah kawah yang bisa membuat anda terpana. Ditambah lagi di sisi kanan dan kiri dipenuhi pepohonan, seirama sekali dengan nuansa pegunungan. Pada fase ini anda tinggi anda berada akan setara dengan awan. Wah bisa dibayangkan gak tuh tingginya :)

Disepanjang jalan, akan ada para penjual souvenir, mereka menjual topi, kacamata, tas, gantungan kunci dll.  Hal yang dijual juga sangat bervariasi tidak hanya itu saja, ada yang menjual boneka, menjual stroberi, pokoknya lengkap. Selain itu akan ada orang juga loh yang menyewakan kuda, jadi suasana di sini sangat bersahabat dan menyenangkan :)

Satu hal yang patut dicoba, yaitu gorengan yang dijual ! Entah mengapa rasanya sangat enak (mungkin karena saat ini saya kelaparan). Cukup membeli dua gorengan, sudah membuat saya lumayan kenyang. Berkunjungah ke Tangkuban Perahu kawan. Sungguh, anda tidak akan kecewa.

Tangkuban perahu 

Papan Tangkuban Perahu II

Ternyata juga ada kuda loh !

Ada juga yang jualan angklung

Si Visi kedinginan, gara-gara gak bawa jaket

Oh oke, ini foto apa ?

Add caption

You May Also Like

0 komentar