Menajamkan Naluri !

Mempunyai pemikiran dan naluri untuk peduli mengenai keadaan yang terjadi di sekitar kita. Inilah tema yang  setidaknya ingin disampaikan secara eksplisit ingin di sampaikan pada SPARTA HMIF pada Day 4 ini. Ini adalah salah satu gerbang pembuka dalam konten pengabdian masayarakat, dimana kita sebagai mahasiswa haruslah sadar tentang keadaan sosial yang terjadi di masyarakat. Setelah melewati fase ini, barulah kita masuk pada bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Caranya ? dengan melakukan kajian dan diskusi, menemukan solusi dari permasalahan dari berbagai pandangan. Sudah menemukan cara ? barulah kita melakukan aksi nyata kawan !

Jadilah semua kelompok yang ada diproses pengkaderan ini turun langsung ke lapangan untuk melihat keadaan secara real. Dan kelompok saya kebagian di gerbang belakang ITB, cukup dekat memang, tapi harus berhati-hati melakukan observasi disini karena bisa jadi isu yang diangkat adalah isu sensitif.

Tertangkap kamera sesaat sebelum melakukan mobilisasi
Dan begitulah sekiranya sparta day ini. Metode yang diberikan lebih ke : Observasi-Diskusi-Pengerjaan tugas- Diskusi - Evaluasi.
Poin-poin yang saya tangkap ketika melakukan dikusi dengan kelompok tiga adalah sebagi berikut :
  1. Semua pedagang merugi karena penutupan gerbang belakang
  2. Pihak ITB tidak transparan dalam memberikan alasan mengenai penutupan gerbang belakang
  3. Banyaknya isu-isu negatif yang beredar mengenai alasan penutupan, misalnya : kantin ITB merugi, jalanan macet, pembangunan gedung baru (yang nyatanya tidak juga dilaksanakan) dll.
  4. Surat pemberitahuan tidak relevan (dalam surat pemberitahuan tidak diberitahukan mengenai pembongkaran kios, hanya mengenai perapihan dan pembersihan kios)
  5. Adanya saling lempar tanggung jawab antara pemkot - pihak ITB terkait permasalahan ini
Begitulah kiranya poin yang tertangkap ketika melakukan sedikit observasi ke lapangan. Dan yang perlu pembaca ketahui, saya sangat beruntung bisa menangani kelompok tiga. Orang-orang yang berada di kelompok ini bisa menempatkan diri kapan mereka bisa bercanda, dan kapan mereka bisa serius :D

Terlebih saya sudah merasa sangat nyaman dengan kelompok ini. Ah, sparta memang menyenangkan :)

You May Also Like

0 komentar