Pembelajaran baru : Domain dan Hosting

Foto ketika melakukan Instalasi
Nah ketika melakukan proses instalasi di Rexa, saya kembali mendapakan pembelajar baru nih terkait Domain dan Hosting. 

Secara garis besar, Domain adalah nama unik untuk suatu website. Kita contohkan saja blog ini misalnya : antragama.com. Nah nama ini sebenarnya adalah nama "pengganti"d ari sebuat alamat website yang real,  karena alamat sebuah halaman web adalah terdiri dari deretan angka IP address tertentu seperti 199.223.208.225. Penggantian nama tersebut tujuannya adalah supaya lebih mudah dikenal. 

Kelebihan lain dari sebuah nama domain adalah bisa mengindentifikasi atau membranding sebuah alamat website. Nama domain juga bersifat unik dan terorganisir sehingga tidak mungkin ada 2 nama domain yang sama di internet.

Sedangkan untung hosting, saya definisikan sebagai sebuah server dimana kita bisa menyimpan data terkait website yang akan kita publikasikan. Hosting sebenarnya adalah istilah yang diberikan bagi perusahaan yang menyediakan salah satu bentuk layanan jasa “penyewaan tempat di internet”, dan memungkinkan seseorang atau sebuah perusahaan menyimpan file-file websitenya di sana, sehingga seseorang atau perusahaan tersebut bisa menampilkan layanan data, jasa, atau produknya di halaman website/halaman situs internet.

Jadi ketika teman-teman ingin mengganti alamat blog, maka cukup untuk membeli (menyewa) domain saja. Tentu saja hal ini cukup karena server sendiri sudah disediakan oleh penyedia layanan blog. Apabila teman-teman ingin mengembangkan website dari awal, maka tentu saja perlu membeli Domain + Hosting sekaligus. Yah itulah pembelajaran lebih yang saya dapatkan, semoga bermanfaat.

Salam,
Antragama Ewa Abbas

Sumber : Klik Disini

You May Also Like

0 komentar