#StudyAbroad2

Oke ini dia sesi pertama mengenai talkshow #StudyAbroad :) Sesi kedua ini adalah alasan mengapa saya mengikuti kegiatan ini. Dan benar saja, pembawaan Kang Ucuf memang benar-benar dasyat. Terus "mengompori" diri ini agar kelak bisa melihat dunia luar. Saya goreskan ilmu yang saya dapatkan di forum tadi agar bermanfaat bagi diri saya serta para traveller yang tersesat ke blog ini.

Membuka forum dengan bercerita tentang warga Tiongkok dan India yang terus mengejar dan menebar warga-warganya untuk belajar di seluruh dunia, mereka kembali ke tanah kelahiran meraka, mereka berkontribusi, membangun negara, dan lihatlah hasilnya sekarang.
Jadi pertanyaannya, Indonesia kapan ? Jabawannya : Terletak di tangan pemuda-pemudinya sekarang.
Kenapa perlu studi ke luar negeri ? 
1. The World is Flat
Dunia yang kita pijak sekarang semakin datar, batas-batas negara sudah bisa ditentukan lagi. Globalisasi mereda dan menjadi kewajiban kita untuk terus menyesuaikan diri dengan lingkungan agar bisa terus berkembang.
2. Brain Drain
Berkunjunglah, belajarlah dari negara lain. Patenkan ilmu, berinovasi kelak serta berkontribusi untuk negara Indonesia ini segera.
3. National Competitive Advantages
Budaya berkompetisi di negeri ini harus segera diangkat kembali. Terbukti anak bangsa yang belajar di luar negeri tidak kalah dari sisi akademis, tidak kalah dari sisi pemikiran, dan tidak kalah dari sisi inovasi.

Siapa yang Perlu ke Luar negeri ?
1. Akademisi
2. Profesional dan Pengusaha
3. Social activies dan politican

Apa yag perlu disiapkan ?
Nah bagian ini yang lebih asik buat dibahas kawan.
1. Mentality
Mentality Is Everything
Dari segi mental memang perlu disoroti, seperti apa yang dituliskan pada gambar diatas. Jangan takut mencoba :)

2. Faith
Faith and Fear
3. Motivation
Motivation

Yap tampaknya penulis sudah kehabisan energi untuk menuliskan hasil diskusi tadi. Kita akan sambung di hari-hari selanjutnya yah.

Salam manis dulu, 0: 58
Antragama Ewa Abbas

You May Also Like

0 komentar