#StudyAbroad3

Belajarlah, berbuatlah kesalahan sebanyak mungkin di waktu muda. Ketika anda masih muda tidak akan ada yang mengingat kesalahan anda. Ketika anda sudah tua kelak, sudah memegang amanah, tanggung jawab serta jabatan, satu kesalahan saja sudah cukup membuat anda diingat semua orang
Jadi quotes ini benar-benar menyadarkan saya. Paradigma takut salah yang masih saja membelenggu saya mungkin saja akan menjadi "penghambat" untuk maju. Jadilah pada sesi kedua bersama kang Ucuf, saya dengan spontan saja bertanya kepada beliau, sebagai bentuk kebebasan diri saya, sebagai bentuk bahwa masa muda adalah masa yang tepat untuk bereksperimen agar kita bisa menjadi probadi yang lebih baik.

Pertanyaan saya sederhana kepada Kang Ucuf :
Ketika kakak berada pada tingkat 2 ataupun tingkat 3, maka apakah motivasi terbesar kakak sehingga ingin melanjutkan studi ke Belanda ? Kemudian apakah realita yang ada di dunia luar sesuai dengan ekspektasi kakak ? 
Jadi memang sebuah pertanyaan yang sederhana, namun cukup membuat saya lega dan puas. Sebelumnya saya juga pernah memberanikan diri untuk bertanya pada Raditya Dhika loh :D Tulisannya ada disini 

Kesimpulannya, ketika gagal dalam melakukan sesuatu, maka kita kalah dengan terhormat. Kita mengalami kegagalan, itu adalah suatu bukti bahwa kita telah mencoba. Bandingkan dengan mereka yang hanya diam, yang menyuarakan kegagalan kita, tapi tidak pernah mencoba. Jadi ? Yuk mencoba, Yuk bersemangat karena kita ditakdirkan untuk menjadi seorang pemenang :)

You May Also Like

2 komentar