Pijat atau Rumah Sakit ?

Mengatasi cedera fisik kadang kali kita berfikir, apakah sebaiknya kita dipijat ? atu mendapatkan tindakan secara medis ? 

Nah setelah mengalami cedera ankle, saya kemudian membaca beberapa referensi mengenai tindakan yang harus saya ambil. Saya belajar banyak dari dokter spesialis orthopaedi mengenai kontroversi ini. Silahkan buka : link berikut

Simpulkan saja sendiri, satu hal yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :
Tahukah anda, dulu sebelum Galileo Galilei menemukan teleskop, sebagian besar orang di dunia mengikuti keyakinan Nicolaus Copernicus yang mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata surya? Dan bahwa bumi itu tidak bulat? Dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan, pada akhirnya keyakinan yang salah dan dipegang sebagian besar penduduk dunia itu akhirnya dipatahkan.
Sekarang kenapa setelah dipijat bisa sembuh/mereda? Penanganan keseleo memang cukup dengan istirahat, bebat, dan elevasi serta pemberian anti nyeri seperlunya (RICE). Cukup anda “biarkan” selama 3-5 hari bengkak akan berkurang sendiri. Pada saat keseleo, sudah terjadi trauma pada otot, ligament, tendon, tindakan mengurut/memijat hanya akan memperberat kondisi trauma yang sudah terjadi. Meskipun demikian, pada akhirnya trauma tersebut juga akan mereda. Ini adalah proses alami tubuh, proses kesembuhan terjadi sudah ada polanya/tahapannya, yang diawali melalui proses inflamasi atau peradangan. Bila ada trauma tambahan akibat memijat, maka proses peradangan ini akan semakin memanjang.

Nah setelah membaca referensi tersbut, maka saya mengambil keputusan untuk datang ke rumah sakit spesialis bedah tulang yang ada di Bandung :)

***********
Penanganan di RS Siaga Halmahera Bandung memang luar biasa. Mulai dari wawancara, diagnosa awal, ronsen tulang, serta diagnosa lengkap disertai dengan beberapa saran dari dokter. 

Saya setuju dan tidak menyesal dengan keputusan yang saya ambil, begitu pula orang tua saya (ketika saya memberikan laporan)

Nah bagaimana dengan fenomena pijat tradisional ? sayangnya tindakan medis apalagi untuk masalah orthopaedi tidak bisa dikatakan murah. Maka bayangkan ketika rakyat yang kurang berkecukupan mempunyai masalah orthopaedi ? kemana lagi mereka bisa mengharap ? maka pijat tradisional adalah pilihan.

Padahal, pada blog tersebut banyak sekali kejadian yang "mengerikan" apabila kita menggunakan pijat tradisional pada kondisi yang salah. 

Jadi ? bagaimana tanggapan anda ? 

You May Also Like

0 komentar