Kerja Praktek Chevron : Persyaratan KP, Tips dan Trik :)

Gilang, daripada tidak melakukan apapun, cobain apply ke Chevron yuks ! - 24 Januari 2014
Sumber : http://alldata.autovitals.com/docs/Photos/Affiliations/chevron-logo.png
Demi menyongsong Kerja Praktek yang lebih baik, maka kami langsung bergerak cepat untuk melakukan apply ke salah satu oil and gas company, yaitu PT Chevron Pacific Indonesia. Motivasi saya mengajak Gilang apply ke Chevron sederhana saja : ingin melaksanakan KP di suatu kota yang belum pernah saya kunjungi. Nah Chevron ternyata adalah perusahaan yang tepat :)


Persyaratan Pelaksanaan Kerja Praktek
Berdasarkan sumber yang terpercaya, anda harus tahu terlebih dahulu persyaratan untuk melaksanakan Kerja Praktek di Chevron. Silahkan disimak terlebih dahlu syaratnya pada link berikut. Persyaratan tersebut merupakan revisi peraturan yang berlaku terhitung Oktober 2013.

Sudah baca syarat-syaratnya ? Sekarang perlu diperhatikan bahwa kami melakukan apply kerja praktek di Rumbai, Riau. Maka alamat tersebut arus ditujukan kepada :
HR-Training Service AdministrationKantor Training Center - Bagian KP/TAPT Chevron Pacific Indonesia – Rumbai Pekanbaru  28271
Kami juga melampirkan contoh proposal, siapa tahu bisa bermanfaat bagi para pembaca yang ingin melaksanakan kerja praktek yang ada di PT Chevron Pasific Indonesia. Contoh proposal Silahkan di-donwload pada link berikut.

Tips and Trick
Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon pelamar :
1. Waktu Pengiriman
Permohonan KP dikirimkan miniman 3 bulan sebelum tanggal pelaksanaan KP, hipotesa saya ini berlaku secara general untuk pelaksanaan KP di oil and gas company.

2. 'Orang Dalam'
Pastikan anda mendapat kontak 'orang dalam' Chevron, entah dari keluarga, dari teman, dari mantan pacar dll. Ini penting untuk memastikan berkas anda tidak berakhir pada tumpukan meja. Berkas anda perlu di proses oleh tim HR Chevron, dan minta tolonglah pada 'orang dalam' tersebut untuk follow up selanjutnya apabila berkas anda sudah terkirim ke Rumbai.
Karena kepentingan privacy, saya hanya bisa memberikan kontak Bapak Elwin F. Nasution dengan E-mail : elwinfn@chevron.com. Beliau adalah salah satu dari tim HR.

3. Sabar Menanti
Ini penting, karena Chevron tidak akan memberikan keterangan resmi kapan permohonan kita akan dibalas, alias status kita akan menggantung. Disini ikhtiar kita dibutuhkan, para pelamar harus sabar, sambil berusaha menghubungi pihak HR via E-mail.

Pada bulan-bulan awal saya hanya menghubungi pihak HR setiap satu bulan sekali, kemudian ketika makin mendesak menjadi satu minggu sekali, sampai menjadi dua hari sekali.


Dalam menghubungi Chevron pastikan anda berkomunikasi dengan sopan. Karena jika tidak, bisa saja pihak HR tidak akan melanjutkan pemrosesan berkas anda

4. Calon Mentor
Mentor bisa didapatkan dengan cara dua opsi, yaitu dicarikan oleh pihak HR, atau kita bisa mencari sendiri. Kalau anda sudah bisa mencari calon mentor sendiri, insya Allah pemrosesan berkas akan menjadi lebih cepat. Pada kasus ini, kami mendapatkan mentor karena dibantu oleh pihak HR :)

Tipe Fasilitas
1. Full-facility
Biaya KP ditanggung seluruhnya oleh perusahaan, mulai dari tiket keberangkatan Jakarta-Pekanbaru, biaya penginapan, makan pagi-malam dll.
2. Half-facility
Kami belum menemukan definisi untuk kategori ini.
3. No-facility
Peserta KP harus mengurus akomodasi sendiri. Pihak perusahaan hanya memberikan makan siang bagi para peserta.

Kesimpulan
Nah kiranya sekian dulu tulisan kali ini, semoga bisa membantu para calon pelamar untuk mendapatkan informasi.

Kami sendiri baru mendapat kepastian pelaksanaan kerja praktek pada H-6 pelaksanaan KP. Jadi tetap jaga harapan kalian yah para calon pelamar :)
“Hope is a waking dream” - Aristotle
Kalau ada pertanyaan silahkan hubungi :
Antragama Ewa Abbas (antragama@gmail.com)

You May Also Like

15 komentar