Perjalanan ke Raja Ampat (Day 2)

Spot-spot di Raja Ampat terpisah dari satu pulau ke pulau lainnya. Jadi tidak ada pilihan selain menyewa speedboat agar bisa mengunjungi spot tersebut. Ada lima spot yang kami kunjungi, tapi beberapa yang lumayan berkesan ada tiga spot (sebenarnya namanya susah, jadi saya lupa haha). Kelima spot ini kami kunjungi dalam satu hari.

Batu Pensil

Gagal paham kenapa disebut "Batu Pensil", cukup untuk pemanasan (karena memang cuacanya sangat menyengat).
Selamat mencari di mana "batu pensil" berada.

Pianemo

Oke selamat, ketika sudah berada di Pianemo berarti teman-teman sudah ke Raja Empat. Pianemo merupakan Icon dari Raja Ampat.  
Pianemo, Raja Ampat.
Sepengetahuan saya, sebelum bisa masuk ke area ini teman-teman harus melapor terlebih dahulu ke suatu pos pendaftaran untuk melakukan registrasi. Kami hanya berfoto-foto saja di tempat ini.
Entahlah gaya apa ini. 

Pasir Timbul

Sebelum ke Pasir Timbul, kami melalui dua spot dulu untuk snorkeling (yang saya lupa namanya itu loh!). Terus kenapa pasir tenggelam? Karena ketika menuju jam 1 siang pasir ini sudah tenggelam karena air pasang. Kami sedikit terlambat sehingga tidak bisa menikmati lebih jauh pasir timbul ini. Meskipun demikian, suasananya tetap "oke punya".
Pasir timbul, Raja Ampat.
Setelah berkeliling, menjelang magrib kami langsung menuju kembali ke Sorong. Sederhana sekali, dua hari trip namun sangat berkesan :)

Raja Ampat: Mahal

Sayang sekali jawabannya adalah "Ya". Karena akses yang begitu sulit, rata-rata budget yang diperlukan adalah 10 sampai 15 Juta. Angka yang fantastis bukan? Biaya yang bisa ditekan adalah tiket pesawat dan juga penyewaan speedboat dimaksimalkan dilakukan oleh 20 orang (karena kisaran menyewa speedboat adalah 10-16 Juta).

Meskipun demikian, saya beberapa kali bertemu teman-teman yang sedang melakukan Kunjungan Dinas. Tanpa membuang kesempatan, dua hari extend pada weekend tentu menjadi pilihan karena bisa menghemat harga tiket (trik ini pula yang kami lakukan).

Selamat menuju ke Raja Ampat teman-teman. Sungguh tempat yang sangat menyenangkan untuk sedikit "liburan". 

Antragama Ewa Abbas

You May Also Like

4 komentar

  1. Icon sebenarnya dari Raja Ampat tuh Pulau Wayag tra. Tempat yang tidak sempat kita kunjungi. hehe

    Pianemo itu dijuluki juga sebagai wayag kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Gilang koreksinya, nanti aku benerin ya :D

      Delete