Tips Mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dari University of Sussex

Do you believe in love at first sight?
Saya tidak punya alasan pasti kenapa mencoba melakukan apply ke University of Sussex (jurusan Information Technology with Business and Management). Nampaknya saya mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama, maka saya pun mencoba untuk apply. Begitu saja, iya begitu.

Setelah saya melakukan riset lebih jauh, persyaratan yang diminta juga sederhana, yaitu "hanya" melakukan proses pemberkasan. Jadi, tunggu apa lagi?

Barangkali ada teman-teman yang sudah berniat atau mengalami kecelakan sehingga menunjukkan arahnya ke Universitas ini, berikut saya berikan beberapa tips untuk mendapatkan LoA master degree dari University of Sussex.
  1. International Qualification. Untuk Negara Indonesia, International Qualification yang diperlukan adalah IPK lebih dari 3.5, Menyeramkan bukan? Karena IPK saya kurang dari 3.5 (dengan margin yang tidak terlalu jauh), saya mencoba menyampaikan keadaan saya. Dan balasan e-mail pun datang, mereka masih mempertimbangkan GPA around 3.5. Kata "around" itu batasnya abu-abu bukan? Jadi saya apply saja :D
  2. Personal Details. Tidak ada masalah untuk ini, isi seperti mengisi formulir biasa. Pastikan sudah memiliki Paspor ya.
  3. English Language. Batas minimum yang diminta adalah IELTS dengan overall score 6.5, without band below 6.
  4. Relevant Experience. Riwayat pekerjaan dan proyek yang selaras dengan jurusan yang akan diambil.
  5. Academic Interests. Merupakan senjata saya karena IPK kurang dari 3.5. Metode yang diberikan hampir mirip dengan Tips Menulis Essay LPDP khususnya rencana studi. Saya menonjolkan beberapa poin berikut: keselarasan dengan background S1, pengalaman kerja, rencana tesis yang selaras dengan Tugas Akhir (TA), publikasi paper, sampai rencana pengambilan mata kuliah. 
  6. Finance Information. Saya memberikan bukti bahwa saya sedang melakukan proses pendaftaran beasiswa LPDP.
  7. Referees. Percayalah syarat ini merupakan hal yang membuat paling "ngos-ngosan" karena harus mengejar dosen ke mana-mana. Saya meminta surat rekomendasi dari Kaprodi dan Dosen Wali akademik.
  8. Supporting Documents. Saya melampirkan CV.
Tinggal apply (ke dalam website khusus untuk pendaftaran), dan tunggu selama 3-5 hari maka sudah ada pengumuman. Berikut saya sertakan contoh LoA yang berbentuk Letter of Offering (LoO) jika pihak Universitas sudah "oke" dengan form aplikasi kita.
Contoh LoA dari University of Sussex
Demikian semoga bermanfaat, dan semoga para pembaca dilancarkan juga dalam semua proses pendidikan maupun pekerjaan.

Terima kasih khusus untuk pada inspirator dan proofreader selama proses administrasi ini: Muhammad Fajrin, Raosan Fikri Lillahi, dan Habib Mufid Ridho.

Salam,

Antragama Ewa Abbas

You May Also Like

2 komentar