Tips Essay LPDP

Kali ini saya akan mencoba mengupas tips menulis essay LPDP dalam ranah yang lebih teknis. 
  1. Terdapat dua hal yang harus dikombinasikan: hasil riset data dan pengalaman pribadi. Kombinasi dari fakta dan realitas hidup akan membuat essay ini menjadi lebih hidup bagi pembaca. 
  2. Menulislah dengan hati. Masukkan perasaan anda dalam tulisan dan fokus. Cara saya memasuki mode ini biasanya dengan fokus di kamar sembari mendengarkan alunan lagu instrumental. Temukan cara anda sendiri.

ESSAY 1

Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya (500-700 kata)

Dari penjabaran diatas, sudah jelas bahwa ada pertanyaan yang harus teman-teman jawab: kontribusi yang telah, sedang, dan akan dilakukan. Clue ini saya rasa sudah sangat jelas.

Saya sangat senang menggunakan kerangka kerja "segitiga terbalik", mulailah dengan latar belakang yang general hingga spesifik, kemudian berikan solusi berupa kontribusi terhadap permasalahan tersebut. Berikut saya contohkan dengan mengangkat permasalahan TI yang ada di Indonesia.
Dalam konteks ini saya telah menyebutkan bahwa kebutuhan IT Expert di bidang Tata Kelola TI penting bagi Indonesia. Saya kemudian tinggal menggiring saja dengan kontribusi yang selaras dengan hal tersebut:

  1. Telah 
    1. Kerja Praktik (KP) di PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI), mempelajari CMMI dan melakukan audit IT untuk proses SDLC,
    2. Tugas Akhir (TA) Arsitektur Teknologi untuk standar smart city.
  2. Sedang, Proyek audit teknologi informasi dan review Master Plan Teknologi Informasi (MPTI) PT. Askrindo.

  3. Akan, Jangan lupa tambahkan alasan mengapa kalian "akan" berkontribusi dengan cara ini.
    1. Bergabung di Kominfo untuk penguatan penerapan regulasi,
    2. Dosen Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM), dan 
    3. Konsultan di bidang Tata Kelola dan Audit TI.
Final Punch, harapan bagi Indonesia kelak: biaya investasi yang terselamatkan bisa dialokasikan untuk sektor lain yang lebih mendesak, misalkan pemberantasan kemiskinan, pembangunan infrastruktur, dll.
Tunjukkan kalau teman-teman mencintai dan telah melakukan berbagai hal di bidang tersebut.

ESSAY 2

Sukses Terbesar dalam Hidupku (500-700 kata) 

Bagian ini merupakan bagian yang sangat "bebas", berkreasilah dengan tulus dan buatlah pembaca menjadi terharu-biru.

  1. Definisikan terlebih dahulu sukses itu apa bagi anda. Berikut definisi sukses saya.
    "Kesuksesan terlalu fana apabila hanya dipandang sebagai materi, kekuasaan, atau bahkan jabatan. Kesuksesan haruslah terbalut dalam suatu hal esensial yang menjadi tujuan dalam hidup ini: kebahagiaan. Sukses itu adalah fase dimana kita merasa bahagia akan kontribusi kecil ataupun besar yang telah kita berikan untuk komunitas".
  2. Sisipkan nilai-nilai pribadi yang ingin ditonjolkan, misalnya pekerja keras, pantang menyerah, dll. Sisipkan pula nilai-nilai yang berkaitan dengan LPDP: nasionalisme dan idealisme.
  3. Cukuplah dengan "diri sendiri", ada baiknya sukses berkaitan pula dengan sisi yang menunjukkan bahwa anda tidak terlalu "self-oriented".

ESSAY 3

Rencana Studi (500-700 kata)

Bagian ini memerlukan pula sedikit kombinasi data dan informasi personal.
  1. Jabarkan motivasi melanjutkan studi. Alasan saya adalah keilmuan semasa S1 memiliki tipe wide. Kaprodi saya juga berpesan ketika kelak menemukan suatu bidang yang dicintai, perdalamlah dengan mengambil studi lanjut. 
  2. Alasan mimilih negara tujuan. Menurut ITU-T (lembaga di bawah PBB), UK termasuk big 5 negara dengan indeks pengembangan ICT. Tentu saya ingin belajar dan merasakan atmosfer pengembangan tersebut. Alasan lainnya adalah memperdalam Bahasa Inggris karena masih pas-pasan.
  3. Alasan memilih Universitas tujuan. Baca-baca saja website Uni tujuan. 
    1. Ranking ke-114 dunia,
    2. Seluruh Lingkungan riset telah terkategori world class and internationally excellent,
    3. Peningkatan ranking dalam riset dari 32 menuju 9 (dalam artian Uni selalu memperbaiki kualitasnya),
    4. Kerja sama Uni dengan kota Brighton dan Hove dalam pengembangan smart city (dor! cocok dengan rencana tesis).
  4. Distribusi mata kuliah. Jabarkan kombinasi pengambilan mata kuliah sehingga terlihat meyakinkan. Jabarkan alasan mengambil mata kuliah pilihan.
    Distribusi pengambilan mata kuliah (klik gambar untuk memperbesar).
  5. Topik Tesis. Jabarkan tesis yang diambil, hubungannya dengan Tugas Akhir (TA)/Skripsi, publikasi yang relevan.
  6. Aktivitas di luar perkuliahan. Bergabung di PPI United Kingdom bidang Kominfo dan menjadi perwakilan Indonesia di Kota Brighton karena menurut pengamatan saya belum ada perwakilan dari mahasiswa yang terdaftar secara resmi di sana. 

You May Also Like

0 komentar