Hakikat Janji

Panggung utama pada malam Syukuran Wisuda nampak megah, apalagi ketika dikau mencoba berdiri diatasnya. Aku lantas turun saja, melangkah kecil setapak hingga berbaur dengan kerumunan.

Selamat atas kelulusannya, semoga sukses.
Sederhana saja kalimat yang keluar. Ia tulus, dengan senyuman kecil yang terasa hangat, memecah syahdunya Bandung malam itu. Beberapa saat aku tertegun, aku menyadari bahwa beliau adalah sesosok Bapak yang aku kenal. 

Pertemuan aku dengan beliau hanya sedikit, terhitung sedikit sekali. Pun demikian beliau pernah berpesan, tepat sebelum matahari terbit. 

Tetap saling menjaga dan mengingatkan.
Ingin aku berkata kepada Bapak tersebut, bagian mana pula yang paling menyenangkan selain bisa menjaga janji,? Tidak terhitung banyaknya perjalanan perjalanan jauh, banyaknya kota-kota yang terlewati, banyaknya pengalaman dan ilmu yang telah aku tautkan demi menunaikan janji itu.

Aku masih mengingat-ngingat berbagai tempat. Aku menyebutnya Jakarta, Pekanbaru, Padang, Bali, hingga tempat di mana aku bisa mengintip sedikit keindahan surga, Raja Ampat. 

Kelak ketika aku dan sang Bapak bertemu, tentu akan aku ceritakan banyak hal. Tentu Bapak akan berbangga ketika tahu bahwa perjalanan kali ini adalah perjalanan yang amat istimewa. Perjalanan jauh menembus ufuk, menuju Negeri Gingseng di sana, negeri dimana tercapainya cita-cita kecil yang dirinya impikan. 

Ah kali ini izinkan aku tidak menemani. Sungguh kami akan menempuh perjalanan yang sedikit berbeda. Tapi aku ingin selalu sampaikan kepada sang Bapak, sungguh janji itu akan terus aku jaga. Karena memang begitu bukan esensi sahabat? Tidak peduli seberapa lama dirimu terpisah, ketika saatnya tiba maka engkau akan kembali seperti ada kalanya :) 

Daegu, Korea Selatan. 
“Aku ingin menjadi Layang-Layang. Terbang tinngi melihat banyak hal. Ingin membaca ribuan buku. Ingin tahu banyak hal baru yang menakjubkan.” 
Terbanglah nan jauh kawan, ini waktumu :)

You May Also Like

4 komentar

  1. seriusan baper banget baca ini..


    terima kasih telah menjadi sahabat yang sangat baik tra :)

    Sampai jumpa di belahan bumi Allah SWT yang lain. Insya Allah.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Gilang :D

      Insya Allah, pada saat waktunya kita kembali berkumpul ya!

      Delete
  2. Selalu suka tulisan ka Antra. Dalem!

    ReplyDelete