Tips Mengurus Visa Tier 4 (General) Student UK (I): Persiapan Dokumen - 23 Juni 2016

Via Agen atau Mengurus Secara Mandiri? 

Untuk melanjutkan studi di UK, diperlukan Visa 4 Tier UK.
Sumber foto: internationaltravellermag.com

Hal yang pertama kali dilakukan adalah mempertimbangkan apakah melakukan apply Visa 4 Tier Student UK menggunakan jasa agen atau melakukannya secara mandiri. Banyak jalan menuju roma, termasuk untuk membuat visa 4 Tier UK ini. Hal terpenting adalah kita mengetahui kebutuhan pribadi masing-masing (apakah anda orang yang sibuk, apakah anda memiliki kartu kredit dengan limit yang sesuai, apakah anda rajin mencari informasi secara mandiri, dll.)

Saya sendiri pada awalnya berniat melakukan apply visa secara mandiri. Namun ketika kelengkapan dokumen telah mencapai 90% (tinggal menunggu CAS), entah mengapa ada dorongan untuk meminta bantuan Jasa Agen, khususnya untuk proses maker-checker dan pembayaran online. 

Pertimbangan pribadi tersebut sederhana saja:
  1. Proses maker-checker: saya termasuk pribadi dengan attention to detail yang kurang begitu baik. Maka untuk memberikan rasa aman, saya perlu pihak ketiga yang membantu proses ini supaya kegagalan aplikasi visa akibat ketidaktelitian tidak terjadi. 
  2. Pembayaran online: pembayaran Visa 4 Tier UK menggunakan payment gateway (worldpay).  Salah satu cara melakukan proses pembayaran ini adalah dengan mengunakan kartu kredit dengan limit yang mencukupi (kurang lebih 13 juta apabila bepergian secara sendiri tanpa dependen). Kebetulan saya dan seluruh keluarga saya tidak mempunyai kartu kredit, jadi saya meminta tolong agen sajalah untuk proses ini. Bagian ini akan dibahas lebih dalam nantinya. 
  3. Gratis, alias tidak ada biaya untuk proses bantuan agen ini. Jadi, kenapa tidak?
Testimoni: Konsultan saya juga sama sekali tidak merepotkan dan menghambat saya dalam proses aplikasi Visa ini. Cepat tanggap dan sangat terbuka ketika diajak berdiskusi. 

Persyaratan Administratif (Dokumen)

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk aplikasi visa 4 Tier UK adalah sebagai berikut:
  1. Foto passport dengan ukuran 3.5 x 4.5 cm*
  2. KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (sediakan pula versi Bahasa Inggris yang telah diterjemahkan oleh sworn translator)* 
  3. TB Certificate*
  4. Confirmation of Acceptance for Studies (CAS), harap periksa juga apakah Anda memerlukan Academic Technology Approval Scheme (ATAS)*
  5. Passport baru, dan passport lama jika ada
  6. LoS dan LoG (Jika tidak menggunakan beasiswa LPDP, dapat diganti dengan bank passbook and bank statement),
  7. IELTS,
  8. Ijazah dan transkrip Nilai (sediakan pula versi terjemahan, biasanya kampus asal sudah menyediakan ini)
  9. Letter of Offer atau LoA
  10. Print out email formulir aplikasi Visa online yang sudah ditandatangani
  11. Print out email nomor IHS (Immigration Health Surcharge)
  12. Print out email receipt pembayaran IHS dan Visa
  13. Print out email konfirmasi pendaftaran visa
  14. Print out email konfirmasi appointment visa di VFS.
  15. Print out dummy tiket pesawat (opsional)

Foto Ukuran Passport

Update Juni 2016: persyaratan ini tidak lagi dibutuhkan. Pengambilan foto dilakukan secara langsung ketika proses appointment dilaksanakan. 
Panduan secara lengkap sebenarnya sudah tersedia pada website resmi: https://www.gov.uk/photos-for-passports/photo-requirements

Namun, untuk memudahkan sebenarnya cukup datang saja ke studio foto yang lumayan branded, niscaya mereka sudah terbiasa dan cukup bilang ingin foto untuk visa 4 tier UK. 

Menurut Mba Alderina, beberapa lokasi di Jakarta yang cukup meyakinkan:
  1. Jakarta Foto – Jalan H. Agus Salim (Sabang) No. 35 A.
  2. Mata Foto – Jl. Matraman Raya 155, Jakarta
  3. Snapy               
  4. Fuji Film, saya memilih Fuji Film di Jalan Matraman. Biaya Rp 70.000,- dengan proses kurang lebih 30 menit. Cukup cepat dan terpercaya. 

Sworn Translator

List lengkap ada pada website kedutaan inggris: https://www.gov.uk/government/publications/indonesia-list-of-lawyers

Rekomendasi saya:
  1. Anang Fahkcrudin, biaya 35 ribu per lembar, hasil bisa dikirim via JNE. Proses memakan waktu 2-5 hari (karena berdasarkan riset beliau memang yang paling murah, sehingga banyak sekali peminatnya)
  2. Unggul Translator, biaya 50 ribu per lembar. 
Proses ini rata-rata tidak ribet, hanya scan dokumen, kemudian nanti hasil translate akan dikirikan dan akan kita periksa, kalau sudah tinggal bayar dan hasilnya bisa dikirimkan. 

TB Certificate 

Hanya bisa dilakukan di tiga Rumah Sakit yang bekerja sama dengan UKVI:
  1. RS Premier Jatinegara: Jl. Jatinegara Timur
  2. RS Premier Bintaro: Jl. M.H Thamrin, Bintaro
  3. BIMC Hospital Kuta: Bypass Ngurah Rai, Bali
Apabila anda terdesak dan berasal dari luar kota, saya pernah mendapat hint dari sesepuh bahwa hasil tes pada RS Premier Bintaro bisa keluar pada hari yang sama.  
Namun karena tidak terburu-buru, saya memutuskan tes TB di RS Premier Jatinegara.

Yang Harus Dipersiapkan
  1. Biaya tes TB Rp 690.000,-
  2. Passport asli
  3. 2 lembar foto 4×6 cm latar belakang  biru (harap konfirmasi karena bisa jadi setiap RS memiliki standar pas foto yang berbeda)
Pelayanan MCU RS Premier Jatinegara buka dari Senin hingga Sabtu, namun ada baiknya anda tetap membuat appointment terlebih dahulu agar menghindari kepadatan pasien. Datang pada pagi hari sangat saya sarankan. 

Hindari kondisi batuk dan pilek ketika melakukan tes untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (terutama dampak psikologis). Proses tes TB cenderung sederhana, ketika datang mengisi formulir, kemudian CT scan dan tinggal tunggu hasilnya pada besok hari. 

Ketika anda tidak ditelepon oleh pihak RS, itu artinya kabar baik dan artinya tidak perlu melakukan tes dahak yang memakan waktu berminggu-minggu. 

Tel. +62 (21) 2800 888

Proses Pembayaran Online

Bagi saya pribadi, proses ini memakan waktu riset paling lama karena saya dan keluarga tidak memiliki kartu kredit. Pembayaran visa 4 tier dan asuransi IHS dilakukan secara online melalui payment gateway: worldpay. 

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit mandiri:
  1. Membayar menggunakan kartu kredit orang tua/keluarga,
  2. Membayar menggunakan kartu kredit teman,
  3. Membayar menggunakan kartu debit mandiri VBV (verified by visa),
  4. Membayar dengan bantuan agen, dan
  5. Untuk yang limitnya tidak mencukupi (apalagi yang membawa dependen), tidak masalah untuk menggunakan dua kartu kredit yang berbeda (satu untuk visa, satu untuk IHS).
Saya sendiri menempuh jalan untuk meminta bantuan agen. Agen nantinya akan membayar dengan menggunakan akun CC mereka, kemudian kita tinggal bayar sesuai dengan harga yang telah dikonversi beserta dengan charge transfer (yang harganya bervariasi).  

CAS dan ATAS

CAS merupakan dokumen yang dikeluarkan pihak universitas, yang tanpa ini kita tidak akan pernah bisa melakukan aplikasi Visa 4 Tier. CAS umumnya didapatkan minimal 3 bulan sebelum jadwal intake perkuliahan. Jadikan CAS sebagai dokumen terakhir yang ditunggu, sehingga ketika CAS sudah terbit, maka kita bisa segera melakukan aplikasi visa. 

Ada beberapa subjek perkuliahan yang membutuhkan ATAS. Proses pembuatan ATAS sendiri memakan waktu sekitar 1 bulan sehingga perlu dipersiapkan segera. Menurut Mba Lilis Iskandar, keperluan akan ATAS bisa dilihat pada tautan berikut: https://www.academic-technology-approval.service.gov.uk/https://www.academic-technology-approval.service.gov.uk/

Untuk lebih mudah, bisa melakukan e-mail langsung ke pihak universitas. 
Contoh balasan universitas terkait CAS dan ATAS

Timeline Aplikasi Visa

Bulan keempat sebelum intake, mulailah semua persiapan untuk mengurus visa seperti mengumpulkan dokumen-dokumen, tes TB, melakukan transalasi dokumen, mulai berfoto, dll. Periode ini merupakan periode optimum dimana kita tidak terlalu cepat dan tidak terlalu tergesa-gesa pula dalam mengurus visa.

Bulan ketiga sebelum intake, fase dimana kita sudah mendapatkan CAS, mulailah untuk melakukan verifikasi seluruh dokumen dan membuat janji dengan agen dan VFS untuk proses wawancara.
Materi terkait penulisan konten ini berasal dari berbagai sumber.
Sumber:
  1. Blog Lilis Iskandar
  2. Blog Alderina Garcia 

You May Also Like

3 komentar

  1. Mba..boleh tau contact agen yang bisa bantu untuk membuat visa student ke UK ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak! Aku minta tolong IDP. Sangat profesional :)

      Delete