Pilgub DKI Jakarta: Di antara Ahok, Agus dan Anies.

Pengalaman “melancong” selama lima bulan di ibukota membuat rasa penasaran saya terhadap dunia politik di kota ini menjadi muncul. Kala itu, Januari 2016, menurut hemat saya, rasa-rasanya hampir tidak ada calon pasti yang bisa “menandingi” elektabilitas Ahok. dengan tingkat kemenangan Ahok yang amat begitu tinggi, PILGUB DKI Jakarta saya prediksi berlangsung sepi dan tidak menarik.
Manuver politik yang dilakukan sebatas melempar isu-isu tertentu, entah itu SARA, kebijakan yang tidak populer, dll. Menurut pendapat saya, hal-hal ini tidak akan menambah kemungkinan calon lainnya untuk menang menjadi lebih tinggi.

Kejutan 23 September 2016: Hari Terakhir Pendaftaran Pilgub DKI Jakarta

Saya mengamati tanpa sengaja dinamika politik melalui media sosial dan juga berita online, nampaknya hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran Calon Gubernur DKI Jakarta. Respon saya: di luar prediksi dan amat menarik. Muncul nama dua yang tidak asing, diusung oleh poros partai politik masing-masing: Agus Yudhoyono dan Anies Baswedan.

Calon Gubernur: Agus Yudhoyono

Muda, berbakat, good-looking, dan memiliki karier cemerlang di militer. Nampak ”dipaksakan” untuk masuk dunia politik dalam umur 38 tahun dan masih berpangkat mayor. Apapun itu, poros Cikeas (Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN) tentu sudah memiliki perhitungan masing-masing. Perlu diperhatikan potensi untuk maju menjadi Calon Presiden pada tahun 2019. 

Calon Gubernur: Anies Baswedan

Tanpa suara, tidak ada penetrasi politik, dan pada siang hari tenang tiba-tiba muncul nama ini. “Menyebrang” dari sisi Jokowi menuju Prabowo tentu merupakan hal yang layak mendapat perhatian. Apapun itu, berhentinya beliau dalam mengemban jabatan sebagai Mendikbud tetap ada hikmahnya. Berpasangan dengan Sandiaga Uno yang rela “turun kasta” dicalonkan menjadi wakil gubernur, tentu pasangan ini menjadi lawan kuat untuk Ahok. 
Anies Baswedan, sumber: klik

Pilgub DKI Jakarta: Berwarna dan Menarik

Dengan munculnya tiga nama kandidat, lengkaplah sudah “persiapan” untuk menabuh benderang politik. Sungguh suasana Pilgub ini tidak kalah dengan pemilu presiden. Bahkan, atmosfirnya sampai ke ujung benua lain. Semoga Pilgub ini bisa menjadi pendidikan demokrasi bagi masyarakat ibukota khususnya, dan Indonesia pada umumnya.
Catatan: penulis merupakan “fans” dari Anies Baswedan. Maka tentu proses Pilgub ini menjadi semakin menarik. 

You May Also Like

2 komentar

  1. sayang ga bisa ikut milih ya ntra :p

    ReplyDelete
  2. Sayang banget! Padahal menarik sekali nampaknya di Jakarta sana :D

    ReplyDelete