Keamanan Informasi Pada E-mail: Definisi, Cara Kerja dan Penerapan DMARC untuk Pencegahan Spamming

Catatan: dokumen ini merupakan tugas dari mata kuliah Keamanan Informasi ketika penulis menempuh pendidikan sarjana di Institut Teknologi Bandung (semester VI, tahun 2014).

Judul: Keamanan Informasi Pada E-mail: Definisi, Cara Kerja dan Penerapan DMARC untuk Pencegahan Spamming 

Tautan untuk teks lengkap: klik di sini.

Abstrak

Spam di surat elektronik mulai menjadi masalah ketika internet dibuka untuk umum pada pertengahan 1990-an. Spamming bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik, diantaranya : e-mail appending, image spam, blank spam, dan back-scatter. Adanya spamming telah menyebabkan berbagai isu pada keamanan informasi.

DMARC merupakan “Domain-based Message Authentication, Reporting & Conformance" yang menjadi salah metode untuk melakukan pencegahan pada spamming. Pada tahun 2013, DMARC telah memproteksi lebih dari 60% email yang ada di dunia. Penggunaan DMARC memungkinkan pemilik dan penerima domain berkolaborasi dengan cara: memberikan informasi kepada penerima mengenai kebijakan pemilik domain, kemudian memberikan umpan balik kepada pengirim sehingga mereka dapat memantau autentikasi dan menentukan suatu ancaman. Untuk menggunakan DMARC, pengguna harus memahami terlebih dahulu konsep SPF dan DKIM.

You May Also Like

0 komentar