Layanan Sistem dan Teknologi Informasi (III): Contoh Key Performance Indocators (KPIs) - Studi Kasus Jonas Photo

Key Performance Indocators (KPIs) merupakan kumpulan dari ukuran kuantitatif  suatu indikator yang harus dimiliki oleh perusahaan atau industru yang digunakan untuk mengukur atau membandingkan indikator perusahaan tersebut dalam rangka mencapai tujuan bisnis mereka. Tentu saja KPIs dari satu perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya. 

Berikut identifikasi KPIs dari Jonas Photo Studio:


Kualitas foto

Ketika medatangi studio foto, maka keinginan utama dari pelanggan adalah mengabadikan momen terbaik mereka. Momen tersebut bisa bersama teman-teman, keluarga,rekan kerja dll. Tentu yang mereka cari adalah suatu kualitas foto yang baik. Kualitas foto disini bisa didapatkan dari dua proses utama, yaitu bagaimana proses pengambilan foto tersebut (ketika melakukan foto di studio) dan proses pencetakan foto tersebut.

Maka kualitas foto yang dihasilkan mutlak menjadi perhatian utama dari Jonas Photo Studio. Berbagai sistem untuk menghasilkan foto yang bagus, mulai dari SDM (fotografer, editor, ilustrator dll) sampai komponen pendukung lainnya harus disiapkan secara optimal. 

Waktu antrian

Menunggu merupakan hal yang tidak menyenangkan, dan hal ini harus dipahami betul oleh penyedia layanan. Ketika membuat layanan, maka perlu diperhatikan lama antrian yang harus dialami pelanggan, terutama pada case tertentu. 

Contoh, ketika sedang masa wisuda, maka pelanggan yang akan datang ke Jonas Photo akan sangat banyak, perlu penanganan khusus untuk situasi seperti ini sehingga pelanggan bisa melakukan aktifitas lain tanpa kehlangan waktu karena harus menunggu.

Waktu pemrosesan

Waktu pemrosesan menjadi poin penting lainnya dan patut untuk dijadikan indikator kunci. Pelanggan tidak akan senang apabila pemrosesan foto memakan waktu yang lama. Selain kualitas yang baik, alur layanan yang cepat juga akan membuat pelanggan semakin senang menjadika Jonas Photo sebagai pilihan utama mereka mengabadikan momen berharga.

Harga

Harga menjadi komponen penting dalam persaingan industri studi foto. Apabila bisa menekan harga serendah mungkin, maka bisa jadi ini akan menjadi salah satu indikator yang menyebabkan pelanggan mau memilih Jonas Photo. Dengan harga yang terjangkau Jonas Photo tidak hanya memberikan layanan kepada pelanggan dengan kondisi finansial menengah-keatas, sehingga pasar Jonas Photo akan semakin meluas.


Sistem pelayanan

Sistem pelayanan disini adalah alur proses yang harus dilalui pelanggan ketika ingin menggunakan layanan foto studio ini. Misalnya pelanggan datang, kemudian memesan nomer untuk melakukan foto, membayar tagihan yang dibebankan sesuai pilihan dll. Proses yang berbelit-belit akan menyebabkan pelanggan menjadi bingung sehingga malas untuk menggunakan layanan dari Jonas lagi.

Oleh karena itu sistem pelayanan ini bisa memicu dampak negatif kepada pelanggan, sehingga perlu evaluasi secara kontinu agar bisa didapatkan sistem pelayanan yang semakin baik.

Kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan bisa menjadi indikator dalam menentukan apakah Jonas Photo sudah bisa memenangkan persaingan dibidang foto studio. Penggalian informasi kepuasan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya wawancara, kuisioner, sutdi lapangan dll.

Feedback dari pelanggan bisa menjadi masukan yang baik bagi perusahaan untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

You May Also Like

0 komentar