Rekayasa Perangkat Lunak (V): Contoh Dokumen Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL)

Catatan: dokumen ini merupakan tugas perkuliahan ketika penulis mengambil mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak  -  Institut Teknologi Bandung (semester IV,  tahun 2013).

Judul:  Contoh Dokumen Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL)

Tautan untuk teks lengkap: klik di sini.

Abstrak

Dokumen ini ditulis dalam rangka menjabarkan deskripsi perancangan dari perangkat lunak yang akan digunakan oleh Monster’s Corporation. Penjabaran dari deskripsi perancangan perangkat lunak meliputi deskripsi perancangan global perangkat lunak dan deskripsi perancangan rinci perangkat lunak. Perangkat lunak yang akan dibangun untuk Monster’s Corporation bernama Super Monster Mall. Dokumen perancangan ini dibuat berdasarkan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak Super Monster Mall yang sebelumnya telah dibuat. Dalam rangka membangun perangkat lunak tersebut, tentunya deskripsi perancangan untuk perangkat lunak tersebut dibutuhkan, khususnya oleh para pengembang dan pembangun perangkat lunak tersebut.  

Super Monster Mall adalah sebuah aplikasi e-commerce berbasis web yang menjual produk-produk yang bertemakan monster. Sistem di dalam Super Monster Mall disebut dengan M_Monster System. Pengguna perangkat lunak dapat melakukan pendaftaran, sign in, melihat katalog, memilih produk, mengisi jumlah produk yang diinginkan, dan melakukan pembayaran. Sistem ini dikelola oleh seorang admin yang bertugas memperbaharui katalog, data pelanggan, dan data pemesanan. Data-data yang dikelola admin dipertanggungjawabkan kepada Monster’s Corporation di mana seorang manajer dari Monster’s Corporation akan mengunjungi Super Monster Mall dan melakukan observasi serta meminta laporan pertanggungjawaban.

You May Also Like

0 komentar