MT STAR 2018: Sebuah Pengharapan

Prolog

Saya memulai proses pencarian kerja setelah selesai mengumpulkan tesis; saya adalah mahasiswa M.Sc. Informatics dengan fokus studi Information Technology with Business and Management (ITBM) the University of Sussex, UK. Proses wisuda baru akan dilaksanakan pada Januari 2018, namun saya sudah mempersiapkan diri untuk proses pengabdian pada September 2017.

#1 Online Application: 03 September 2017

Prosesnya cukup sederhana, hanya mengisi aplikasi online melalui http://www.dancommunity.com/mtstarapply serta melampirkan CV. Hal yang terpenting adalah pengisian Fungsi MT yang akan dipilih. Maka saya tentu mengajukan untuk posisi Information Technology(IT)/Information System(IS).
Saya mendapatkan pengumuman untuk tahap selanjutnya: 20 September 2017

#2 Online Assessment: 23 September 2017

Danone bekerja sama dengan PT ASI Asia Pacific untuk menyelenggarakan online assessment ini. Tes sendiri terdiri dari enam bagian yang memakan waktu kurang lebih dua jam:
  1. Verbal
  2. Numerical
  3. Ablity to learn (tes logika gambar)
  4. Checking (tes ketelitian)
  5. Business English
  6. Personality
Persiapan yang saya lakukan adalah melakukan riset dari contoh-contoh soal yang ada di internet saja. Saya kemudian memilih melakukan tes pada pukul 02.00 dini hari agar koneksi internet stabil dan juga bisa mendapatkan fokus yang maksimal.

Saya cukup percaya diri setelah mencoba soal-soal latihan, namun demikian, dua bagian pertama #1Verbal dan #2Numerical ternyata memiliki tipe soal yang berbeda pada tahun sebelumnya.
Pengumuman untuk tahap selanjutnya: 29 September 2017

#3 Group Discussion (GD): 11 Oktober 2017

GD seperti biasa dilaksanakan Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. Karena sistem antrian yang diberlakukan adalah first come first serve, maka saya memutuskan untuk datang sepagi mungkin (sekitar satu setengah jam lebih awal) dari jadwal yang ditentukan, yaitu pukul 9AM. Strategi ini cukup berhasil karena saya mendapat giliran kedua untuk mengikuti GD.

Saya berkenalan dan akhirnya bertemu dengan kelompok GD yang beranggotakan 6 orang. Sesi GD sendiri lebih kepada leaderless, sehingga kelompok kami mengatur alur diskusi secara mandiri tanpa bantuan dari moderator.

Topik LGD lebih ke arah strategis: di berikan keadaan mengenai arus keuangan perusahaan, serta daftar permasalahan yang ada. Tugas kelompok ini adalah menentukan prioritas masalah yang ada (tiga teratas) berdasarkan argumen yang logis tentunya, serta menentukan solusi apa yang bisa diberikan.
Pengumuman untuk tahap selanjutnya: 11 Oktober 2017

#4 HR Interview: 11 Oktober 2017

Pengumuman mengenai tahapan HR Interview dilakukan pada hari itu juga setelah makan siang. Sistem antrian masih menganut urutan kedatangan pada tadi pagi, sehingga saya menjadi orang kelima yang dipanggil. Wawancara lebih mengacu kepada motivational talk dan background saya Wawancara dilakukan dalam Bahasa Inggris. Suasana wawancara juga santai dan tidak terlalu menegangkan.
Pengumuman tahap selanjutnya: 20 Oktober 2017

#5 User Interview: 31 Oktober 2017

Saya mendapatkan undangan untuk mengikuti user interview di Cyber 2 Tower. Sebelumnya, saya telah mendapatkan penjelasan dan notifikasi dari tim HR bahwa sayangnya untuk tahun ini MT STAR tidak membuka lowongan untuk posisi IS/IT. Hal ini tentu saya kritik karena mengapa pemberitahuan ini tidak diberitahukan pada tahapan pertama? Bahwa tidak ada MT STAR yang melalui jalur IS/IT?

Tim HR memberitahukan kabar itu kemudian memberikan saya tawaran posisi sebagai Information System Analyst Supervisor. Setelah mendapatkan penjelasan, saya mencoba terlebih dahulu untuk mengikuti wawancara ini dan datang pada tanggal yang disepakati.

Proses wawancara berlangsung dengan Bahasa Inggris dengan total pewawancara sebanyak lima orang. Beberapa dari mereka masih menanyakan hal standar, di mana pewawancara yang lain bertanya tentang hal teknis (misalkan menggambarkan alur API dari suatu aplikasi, memprioritaskan permasalahan IS di permasalahan, dll). Saya juga sempat menggambar alur proses bisnis dari kasus yang ditanyakan di papan tulis yang disediakan. Wawancara berlangsung dua arah dan menarik.
Saya bahkan sudah saling terhubung dengan salah satu pewawancara via LinkedIn dan bertukar WA. Beliau sungguh memberikan impresi yang sangat baik (bahkan kita beberapa kali berbicara melalui telepon).
Pengumuman tahap selanjutnya: 03 November 2017

#5 Director Interview: 14 November 2017

Saya kembali diundang untuk tahap terakhir, yaitu wawancara direktur. Namun setelah menjalani refleksi diri, disertai dengan pertimbangan orang tua, diskusi dengan rekan (terutama rekan saya ketika masa kuliah yang telah bergabung dengan MT STAR 2017) saya memutuskan untuk tidak menghadiri undangan ini.
Berikut titipan pesan yang saya titipkan kepada tim HR:

I hope this e-mail finds you well. Regarding the interview invitation tomorrow (Tuesday, 14/11/2017), I would like to confirm that Im unable to attend the further process. Having a self-reflection, both protracted internal and external discussion, I decided not to continue the recruitment process based on these several reasons:
1.        MT Star was my true purpose to join the recruitment process in Danone. While there is an opportunity to participate directly in the IS team without MT program, I prefer working in the startup while the business has been growing because of the IT penetration. My preference, for now, is to join the team where IT bring exceptional benefits beyond the support: while transforming the business stream is the most prominent idea.
2.        I have talked to the DANIS team, and yes my first impression is perfect. The job description was also impressive. However, I just feel there is something wrong'; a plus is I always questioning my decision what if I join directly to the DANIS. Based on my point of view, something that Im not sure about somehow bring the negative feelings.
3.        As a knowledge worker, I have three points to consider: a) autonomous, b) mastery, and c) purpose. Perhaps I would achieve the first two one, yet the purpose I look after isnt there yet. I couldnt look into the mirror and describe how proud Im to join the DANIS directly.
..

Penutup

Demikian kiranya perjalanan saya mengikuti MT STAR 2018. Walaupun akhirnya belum berjodoh dengan Danone, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas pengalaman dan jaringan pertemanan yang saya dapatkan ketika mengikuti proses ini. Selamat berjuang bagi para pembaca.

Yours,
Antragama

You May Also Like

1 komentar